Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Rekam Medis Formulir Lembaran Masuk dan Keluar

Diisi Oleh Petugas Pendaftaran Rawat Inap, Perawat/Bidan, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dan Perekam Medis

KELOMPOKKATEGORI  CARA PENGISIAN  
IDENTITAS PASIENNama dan Tgl. Lahir/Umur       No. CM   Tanggal masuk dirawat   Jam   Ruang   Kelas   Kh / UmTempel Barcode (Nama, No.RM, Tgl. Lahir/Umur, Jenis Kelamin, NIK, Register Rawat Inap, Tgl. Masuk dirawat dan Jam).Diisi kotak – kotak dengan angka / nomor rekam medis pasienDiisi kotak – kotak dengan tanggal, bulan dan tahun saat daftar pasien.Diisi kotak – kotak dengan jam saat Daftar PasienDiisi ruang / kamar yang ditempati pasien Diisi Kelas Sesuai Hak dan Jaminan Pasien.Dilingkari salah satu dari dua pilihan 
DATA SOSIAL PASIENAlamat pasien     PendidikanPekerjaan Alamat KerjaNo, KTP/SIM/NIPNo. AskesAgamaStatus perkawinanDiisi alamat lengkap pasien sesuai dengan tanda pengenal (KTP / SIM / PASPOR)Diisi Pendidikan Terakhir PasienDiisi Pekerjaan PasienDiisi Alamat Kerja PasienDiisi Nomor KTP PasienDiisi Nomor BPJS PasienDiisi Agama PasienDilingkari salah satu dari lima pilihan 
PENANGGUNG JAWAB PENDERITANama   Alamat     Pekerjaan   Alamat KerjaDiisi Nama Keluarga penanggung jawab Pasien.Diisi Alamat Penangung jawab Pasien sesuai dengan tanda pengenal (KTP / SIM / PASPOR)Diisi  Pekerjaan Penanggungjawab PasienDiisi Alamat Kerja Penanggungjawab Pasien.
PENGIRIM PENDERITANama/InstansiAlamatDiagnosa/Keluhan  Diisi dengan nama Puskesmas. Diisi Alamat Instansi Puskesmas.Diisi Diagnosa sesuai dengan Surat Rujukan Pasien.
KELUARGA TERDEKAT DI BANDUNGNamaAlamatTeleponDiisi Nama Penanggung jawab PasienDiisi Alamat Penanggung jawab PasienDiisi kotak – kotak dengan nomor telepon.
PERPINDAHAN PENDERITANoTanggal   UPFSub. UPFRuangKelas   Pertama MasukDiisi Nomor dengan angkaDiisi Tanggal, bulan dan tahun pasien dipindah ruangan.Diisi Sesuai Diagnosa DokterDiisi Sesuai Diagnosa DokterDiisi Isi ruangan terbaru.Diisi Kelas Sesuai Hak dan Jaminan Pasien.Diisi Waktu Pertama Pasien Masuk
TANGGALTanggal Masuk   Tanggal KeluarDiisi dengan tanggal, bulan, tahun dan jam pasien mulai dirawat.Diisi dengan tanggal, bulan, tahun dan jam pasien pulang.
 Lama dirawat   Diagnosa masukHasil dari tanggal keluar dikurang tanggal masuk Merupakan diagnosa utama pasien
PENDERITA PULANGTanggal, Jam dan Hari RawatDiisi oleh Perawat/Bidan dengan mengisi tanggal, bulan, tahun dan jam pasien pulang.
CARA PULANGPersetujuanPulang PaksaMelarikan diriPindah Rumah SakitDiisi Oleh Perawat/Bidan dengan di beri tanda Check list (P) salah satu dari empat pilihan.
KEADAAN WAKTU PULANGSembuhPerbaikanTidak SembuhMeninggal < 24 JamMeninggal > 24 Jam  Diisi Oleh Perawat/Bidan dengan di beri tanda Check list (P)  salah satu dari lima pilihan.  
DIGNOSA AKHIRDiagnosa Utama dan Diagnosa Tambahan   Tindakan Utama dan Tindakan Tambahan   Kode ICD 10   Dokter yang merawatDiisi dengan Penulisan Jelas dan terbaca oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP).Diisi dengan Penulisan Jelas dan terbaca oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP).Diiisi sesuai dengan ICD-10 Oleh Petugas Rekam MedisDitanda tangani oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP) beserta nama jelas
SEBAB KEMATIANPenyakit atau keadaan yang langsung mengakibatkan kematianPenyakit-penyakit (bila ada yang menjadi penyebab timbulnya kematian pada a)Penyakit-penyakit lain yang berarti dan mempengaruhi pula kematian, tetapi tidak berhubungan langsung dengan penyakit pada a        Diisi Oleh Petugas Pendaftaran Rawat Inap, Perawat/Bidan, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dan Perekam Medis.

Tentang Aep Nurul Hidayah https://www.youtube.com/c/aepnurulhidayah

https://www.youtube.com/c/aepnurulhidayah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar